Halaman

Selasa, 11 Desember 2012

Pengalaman K2NM Periode Juli-September 2012 UNPAR di Desa Guhung

Hellooo, . . . . . . . .saya kembali. Ihihihihihihihihi
Kali ini saya bakalan cerita tentang pengalaman K2NM saya atau lebih dikenal dngn sebutan KKN.
Saya KKN di tempatkan di Kab. Gunung Mas Kec. Manuhing Desa Guhung. Saya ditempatkan disana bersama 14 orang lainya yang berasal dari berbagai Fakultas di Univ. Palangka Raya.
Pertama datang ke desa itu rasanya kaget tentunya, karena alamnya beda 100% dari daerah tempatku. Saya berasal dari Kab. Dusun selatan. Saya juga lumayan shock liat air sungai disana yang tinggal dikasih gula sudah kaya teh susu. Sepertinya karena banyaknya penambangan emas idana yang membuat air sungai jadi keruh.
Selama disana, saya akui menyenangkan. Hidup satu atap besama 14 teman2 lainnya tu rasanya asem asin manis. Tentu saja sulit, karena harus menyatukan kepala 15 orang. Namun itu adalah pengalaman berharga yang saya dapat. Mulia dari mesti masak buat teman2 yang lain, mesti bisa mengatur keuangan kelompok (saya bendahara), terbiasa mandi di sungai (airnya hmmmm), kalo mau Buang air kecil bahkan BAB mesti kesungai juga ( kalo gk sempat bahkan bisa keluar di jalan.lho?), listrik dan jaringan susah, dll.
Kami bekerja membantu warga (ngajar, buat plank2 desa, kerja bakti, dll) cuma 6 hari disana, hari minggu kami sepakat untuk libur dan jalan2 ke tempat yang dianggap warga bagus atau bisa dibilang tempat wisata disana. Inilah yang pengen saya ceritakan. Kami mengunjungi rumah betang, air terjun (mungkin) lebih tepat disebut riam, dll. Dengan catatan mengunjungi tempat2 itu perlu perjuangan. Ada yang  mesti naik Getek lalu jalan kaki 30 menit dulu melewati kebun karet warga. Tapi setelah melihat alam yang disajikan rasanya pegal kaki langsung hilang. Meski tidak mirip air terjun tapi saya akui saya kaget juga melihatnya. Lebih tepatnya baru pernah liat.
Ini foto2 kami disana
Selanjutnya kami juga mengunungi rumah betang yang masih ada di kab. Itu. Perjalanan kesana kami naik minta tumpangan warga buat pinjam mobil jenis Ranger kesana. Jadilah kami duduk dibelakang seperti ini. Bayangkan kacaunya seperti apa.
Ini foto2 kami disana
Waktu kami pemulangan ada warga desa yang nangis lhooo, rasanya tu terharu banget. waktu pembekalan KKN kami dibilang sama desen kalau kalian bisa bikin warga desa nangis pas pemulangan berarti wow banget. jadi, sedikit bangga.hehehe
Percayalah, KKN di desa tu jauh lebih menyenangkan dan memberi pengalaman berharga dari pada ngambil dikota. hehehehehe Sekian, kapan2 q sambung lagi, . ..  Jyaaaachuu^^

1 komentar: